24 Des 2020

Label Makanan dan Minuman Hal Prioritas

Label Makanan dan Minuman Hal Prioritas

Dalam industi makanan yang saat ini tengah berkembang pesat, tak dapat dipungkiri Label makanan dan minuman menjadi hal yang prioritas karena berkaitan kesan pertama muncul di pikiran konsumen. 

Label yang umumnya menjadi merk produk pada kemasan makanan maupun minuman tersebut biasanya berisi keterangan mengenai produk tersebut yang mencakup tulisan atau gambar atau kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan, ditempelkan, atau menjadi bagian dari suatu produk. Pada intinya label suatu kemasan produk adalah sarana bagi produsen untu berkomunikasi dengan konsumen. Produsen memberikan informasi kepada konsumen mengenai apa saja yang terkandung di dalam produknya.

Adanya informasi yang tercantum dalam label kemasan, maka konsumen dapat dengan mudah untuk memilih produk sesuai kebutuhannya. Perlu dipahami, bahwa fungsi label dapat ditinjau dari dua sisi yaitu dari segi produsen, label bisa jadi sarana komunikasi dengan konsumen. Produsen bisa menginformasikan kandungan produknya di dalam label. Fungsi kedua lebih kearah konsumen yaitu label menjadi sarana untuk menciptakan penjualan yang bertanggung jawab.  Label untuk produk adalah wujud tanggung jawab dari produsen dalam memberi informasi yang sebenar-benarnya.dan yang teakhir fungsi ketiga lebih untuk melindungi konsumen. Apabila ada konsumen yang ingin mengonsumsi sesuatu namun ada beberapa bahan yang harus dihindari karena alergi maka konsumen bisa melihat informasi di label kemasan yang telah disediakan oleh produsen. Ada juga Fungsi tambahan dari pentingnya cetak label maupun cetak stiker untuk kemasan produk adalah untuk memberikan edukasi kepada konsumen, dimana konsumen bisa mengetahui zat gizi apa saja yang terkandung dalam produk makanan tersebut.