24 Des 2020

Label Kemasan dan Label Produk untuk UMKM Indonesia

Label Kemasan dan Label Produk untuk UMKM Indonesia

Di Indonesia, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan yang cukup besar. Keberadaan UMKM sangatlah membantu dalam pertumbuhan perekonomian. Berbagai hasil peneliltian mencatat bahwa UMKM merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi.

Permasalahan utama dari UMKM bukanlah tentang modal, melainkan mereka lebih berhadapan dengan permasalahan pemasaran / marketing produk mereka. UMKM kalah bersaing dengan produk-produk industri besar yang mapan dalam pembiayaan dan mapan dalam strategi pemasaran. Minimnya perhatian UMKM pada bidang pemasaran mengakibatkan sebagian bisnis mereka tersendat. Meskipun produk yang dihasilkan berkualitas jika tidak mampu mengkomunikasikannya kepada konsumen maka nilai jual produk tidak akan meningkat drastis.

Mayoritas UMKM di Indonesia masih mengemas produk dengan apa adanya. UMKM memiliki pandangan bahwa membuat kemasan produk  yang baik dan menarik membutuhkan biaya yang mahal. Pandangan tersebut didasari oleh persepsi bahwa dibutuhkan alat yang mahal untuk membuat cetak label dan cetak stiker untuk produk yang mereka jual agar menarik ketika dilihat oleh konsumen.

Pandangan UMKM terhadap label kemasan dan label produk, yang bernilai tambah perlu diubah. UMKM perlu menyadari bahwa kemasan produk yang baik dapat meningkatkan nilai jual produk menjadi 40% - 100% dari harga awal. Label dan kemasan yang memadai dapat menghasilkan keuntungan lebih besar karena produk yang dihasilkan layak dijual dengan harga yang lebih tinggi. Maka dari itu, membuat cetak label maupun cetak stiker untuk menyokong estetika kemasan adalah alat pemasaran yang krusial, karena kemasan produk adalah penjual tanpa suara (silent salesman). Kemasan adalah faktor terakhir yang bisa mempengaruhi konsumen sebelum membuat keputusan pembelian. Dengan demikian kemasan harus mampu menjadi media informasi, baik secara verbal maupun secara visual.